Daripada selalu menggunakan obat tidur agar tidur lelap, baik dari apotek atau pun dari resep dokter, penelitian menunjukkan bahwa dengan teknik terapi perilaku kognitif atau CBT bisa menyelesaikan masalah tidur Anda karena mampu menenangkan pikiran dalam mencapai tidur lelap.

Dalam sebuah riset, CBT terbukti bereaksi membantu tidur lelap lebih baik dibandingkan obat-obatan. Efeknya pun dirasakan lebih lama paling tidak satu tahun setelah mempraktekkan strategi sederhananya. Jenis terapi ini bisa dimulai dengan menenangkan tubuh, pikiran, serta lingkungan tidur. Berikut tiga metode yang mampu membantu Anda mencapai tidur lelap sehingga tidak lagi gelisah pada malam hari:

3 Cara Mencapai Tidur Lelap

a. Bangun jika tidak bisa tidur

Sering membolak-balikkan badan di ranjang disertai kecemasan bisa membuat otak Anda menyampaikan pesan bahwa anda merasa tempat tidur adalah tempat stres. Jika belum bisa tidur, sebaiknya bangun dan lakukan hal lain seperti membaca buku hingga Anda merasa mengantuk agar bisa tidur lelap.

b. Ketahui kebutuhan waktu tidur

Saatnya Anda mulai mencari tahu berapa lama waktu tidur yang Anda butuhkan agar tidur lelap. Ini bisa membantu menilai apakah Anda telah melalui tidur malam yang cukup. Para peneliti mengatakan sejumlah orang penderita insomnia meyakini mereka membutuhkan waktu kurang dari 7 atau 8 jam dalam semalam. Apakah Anda mungkin di antara mereka? Untuk memahaminya, coba hitung kembali berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan ketika Anda sedang masa lilburan dan mengalami stres. Bisa juga seberapa lama waktu tidur ketika Anda terbangun disertai dengan perasaan segar.

c. Bergadang 4-5 malam

Hal ini mungkin sepertinya aneh. Namun, pada kenyataannya ini bisa menjadi salah satu strategi yang opsi paling efektif dalam mengatasi insomnia yakni dengan mengurangi waktu yang Anda lalui di tempat tidur. Praktisi CBT menyarankan begadang selama beberapa malam sampai Anda akan tidur lelap tanpa terputus. Lakukan hal ini sampai Anda merasa ngantuk dan akan benar-benar tertidur. Lakukanlah selama akhir pekan. Tubuh Anda akan merasa lelah selama beberapa malam hingga tubuh Anda akan langsung tertidur lelap.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *